Berita Terbaru!! :
Home » » Perketat Registrasi, BAAK Akan Gunakan Barcode

Perketat Registrasi, BAAK Akan Gunakan Barcode

Admin by Yasir Bakekok on Wednesday 18 December 2013 | 02:58

Contoh Barcode
PROFESI-UNM.COM - Mengantisipasi terulangnya aksi penipuan dan pemalsuan data mahasiswa baru, Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) kini telah membuat lampiran tanda bukti mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang mesti disertakan jika melakukan pendaftaran ulang di Bagian Registrasi BAAK. Lampiran sebanyak tiga lembar tersebut tidak dapat dipalsukan karena dilengkapi dengan barcode yang akan langsung dipindai saat calon mahasiswa memasukkan berkasnya.

Itu diungkapkan Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK, Syamsir, Selasa (17/12) kemarin. Ia menjelaskan, lampiran itu didapatkan calon mahasiswa dengan cara mengunduh dari laman simpadu UNM bila telah dinyatakan lulus. “Metode ini akan diterapkan pada penerimaan mahasiswa baru 2014 mendatang,” ungkapnya.

Syamsir menambahkan, dengan diterapkannya cara ini, ia menjamin penipuan dan pemalsuan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) akan langsung diketahui dan tidak akan terulang lagi seperti yang menimpa lima mahasiswa ilegal beberapa waktu lalu. “Pada saat registrasi kita akan minta lampiran itu, dan kalau palsu pasti langsung ketahuan karena yang diperiksa bukan tulisannya tapi barcode-nya,” jelas ayah satu anak ini. (*)



*Khaerul Mustaan



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap