Berita Terbaru!! :
Home » » Menara Pinisi UNM Gedung Terunik di Indonesia

Menara Pinisi UNM Gedung Terunik di Indonesia

Admin by Unknown on Sunday 11 January 2015 | 12:05

Menara Pinisi
Universitas Negeri Makassar
(Foto: Dok - Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) menjadi gedung kampus dengan desain terunik di Indonesia versi Okezone News. Dari lima daftar gedung yang diliris, Pinisi berada di urutan pertama, mengungguli Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Multimedia Nusantara dan Universitas Bina Nusantara. (Baca: Gedung Kampus Berdesain Unik di Indonesia)

Dengan mengambil konsep perahu khas Bugis-Makassar dan kearifan lokal budaya Sulawesi Selatan, Karya arsitektur Yu Sing, Benyamin K Narkan, Eguh Murthi Pramono dan Iwan Gunawan berhasil membangun gedung pinisi UNM menjadi bangunan tertinggi pertama di Indonesia bersistem fasade Hiperbolic Paraboloid, merupakan aplikasi dari kecanggihan teknologi.

Desain bangunan yang dibagi empat bagian menjadikan Pinisi ini kaya akan angin yang membawa sivitas akademika UNM dan masyarakat luar yang menghabiskan waktu nongkrong di Pinisi bak berlayar di laut lepas.

”Gedung pada bagian badan didesain menjadi empat bagian, yang terinspirasi dari deretan perahu pinisi di pinngir pantai, menciptakan lorong angin dan jalur masuk bagi cahaya matahari ke dalam seluruh ruang-ruang dalam podium,” jelas Yu Sing dalam blognya.

Rektor UNM, Arismunandar, berharap, semoga Pinisi bisa menjadi inspirasi dan kebanggaan untuk penataan kampus ke depan. "Syukur alhamdulillah bisa memberikan kebanggan bagi sivitas UNM dan menjadi inspirasi untuk penataan ke depan," kata Guru Besar Administrasi Pendidikan ini. (*)

*Reporter: Febriawan Djalil



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap