Berita Terbaru!! :
Home » » Dikti Tolak Berkas Pendirian Fakultas Geografi

Dikti Tolak Berkas Pendirian Fakultas Geografi

Admin by Yasir Bakekok on Monday 17 February 2014 | 12:30

(int)
PROFESI-UNM.COM - Pengajuan berkas pendirian Fakultas Kebumian dan Lingkungan Hidup oleh Jurusan Geografi akhirnya di tolak oleh Direktorat Tinggi (Dikti). Alasan penolakannya agar sekiranya pihak Jurusan Geografi melengkapi beberapa syarat-syarat yang hasru dipenuhi untuk menjadi fakultas.

“Kami sudah mengajukan berkas ke Dikti namun di kembalikan. Perlu ada pembenahan beberapa kelengkapan,” ungkap Ketua Jurusan Geografi, M. Nur Zakaria Leo.

Lebih lanjut dosen geografi tersebut mengatakan syarat tiga prodi yang menjadi persyaratan harus terpenuhi, di geografi sebenarnya ada banyak prodi yang berpotensi. Saat ini Jurusan Geografi punya tiga prodi yakni pendidikan, gografi, dan International Class Program (ICP).

“Prodi geografi itu sendiri jika nanti menjadi jurusan bisa terbentuk prodi kependudukan dan lingkungan hidup, prodiperencanaan wilayah dan kota, prodi penginderaan jarak jauh, dan prodi pengembangan wilayah pesisir,” jelasnya.

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiwa (Dema) Geografi FMIPA UNM menanggapi positif rencana pendirian Fakultas Kebumian dan Lingkungan Hidup. “Perlu diketahui ,tahun 1998 Jurusan Geografi pindah ke Fakultas MIPA dari FIS karena alasan kesulitan sarana dan prasaran, seperti laboratorium. Sekarang kita melihat kalau geografi bukan hanya tentang ilmu alam, tapi juga ada tentang ilmu sosialnya. Makanya kita mahasiswa juga setuju kalau bisa jadi fakultas karena bisa mewadahi semua bidang ilmu yang ada di geografi,”ceritanya.

Jika nantinya Jurusan Geografi menjadi fakultas tersendiri, maka UNM akan menjadi universitas kedua di Indonesia yang memiliki fakultas khusus geografi, setelah Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada. (*)


*Reporter: Awal Hidayat



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap