Berita Terbaru!! :
Home » » PGSD Kekurangan Dosen

PGSD Kekurangan Dosen

Admin by Thinkpedia Indonesia on Saturday 28 March 2015 | 11:28

Fakultas Ilmu Pendidikan
(Foto: Doc - Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) dinilai kekurangan dosen. Akibatnya, proses pembelajaran berlangsung tidak efektif.

Hal itu diutarakan salah satu mahasiswa PGSD Nur Rahma.  Ia mengatakan, pembelajaran yang selama ini ia jalani tidak maksimal. Jumlah mahasiswa yang terlalu banyak menyebabkan Dosen kewalahan.

"Tidak efektif ki pembelajarannya karena kebanyakan dosen terlalu penuh jam mengajarnya, jadi kadang ada mata kuliah yang bertabrakan," ungkap mahasiswa yang akrab disapa Amma tersebut.

Lebih lanjut Amma berharap, agar jumlah dosen di Jurusannya ditambah agar tidak pembelajaran bisa berjalan lancar dan lebih efektif. "Menurutku perlu ada penambahan dosen agar tidak ada lagi istilah kelas dianaktirikan kalau terjadi tabrakan jadwal," tambah Amma.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Jurusan PGSD, Ahmad Syawaluddin mengatakan, memang PGSD sekarang tengah kekurangan tenaga pengajar. Secara gamblang ia mengungkapkan bahwa rasio perbandingan jumlah mahasiswa dan dosen saat ini tak lagi ideal.

"Perbandingan jumlah mahasiswa dan dosen idealnya 1:30, tapi sekarang yang ada adalah 1:39, jadi kami membutuhkan tenaga pengajar lagi," ungkapnya Syawal saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (25/3).

Untuk mengatasi hal tersebut, Syawal mengaku membutuhkan sembilan dosen baru dan akan mengurangi kuota penerimaan mahasiswa baru hingga 50% untuk angkatan 2015 mendatang.

"Untuk angkatan 2015 kuota penerimaan maba akan dikurangi. Jika tahun-tahun sebelumnya kami menerima empat kelas maka tahun ini kami hanya akan menerima dua kelas, selain itu kami juga butuh sembilan dosen baru," jelasnya.

*Reporter: Murni



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap