Berita Terbaru!! :
Home » , » UNM dan Bionas Riset Bahan Bakar Campuran Air

UNM dan Bionas Riset Bahan Bakar Campuran Air

Admin by Thinkpedia Indonesia on Friday 23 January 2015 | 19:10

Executive Chairman  Bionas Energi Indonesia (BEI), Dato' Sri Mohmmad Jafri sedang memperlihatkan hasil pencampuran bahan bakar hayatri (Biofuel) di Ballroom Menara Pinisi, Jumat (23/1).
(Rajab - Profesi)  
PROFESI-UNM.COM - Universitas Negeri Makassar (UNM) tengah melakukan riset terkait pengembangan bahan bakar ramah lingkungan. Riset ini merupakan bentuk kerjasama UNM dengan Bionas Energi Indonesia (BEI). Kerjasama tersebut dipromosikan lewat seminar dan workshop diruang Teater Menara Pinisi siang tadi, Jumat (23/1).

Dalam sambutanya, Rektor UNM, Arismunandar mengungkapkan, kerjasama ini sebagai bentuk langkah awal upaya pengembangan riset dan teknologi khususnya pada bahan bakar hayati atau Biofuel. Sehingga menurutnya, langkah ini dapat mengurangi pemakaian energi tak tergantikan seperti minyak bumi.

"UNM sudah siap membantu melakukan riset ini, guna menunjang penggunaan produk yang dihasilkan. Sehingga sasaran ekonomi masyarakat dapat terpenuhi dari berbagai aspek kebutuhan," ungkap guru besar Administrasi Pendidikan UNM ini.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) BEI, Hendry Widjaya menuturkan, saat ini Bionas berhasil memadukan kemajuan Teknologi Nano yang diterapkan pada zat additif, nano-emulsion dan polarization sehingga dapat menghemat 40 persen pemakaian bahan bakar premium.

"Bahan dasarnya sederhana hanya dari tanaman jarak 20 persen, kemudian ditambahkan air 20 persen dan premium 60 persen saja. Dari perpaduan ini kita dapat langsung digunakan pada alat transportasi darat, udara dan laut," tutur Hendry. (*)

*Reporter: Rajab



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap