Berita Terbaru!! :
Home » , » Prodi Teknologi Pertanian Olah Rumput Laut Jadi Chips

Prodi Teknologi Pertanian Olah Rumput Laut Jadi Chips

Admin by Thinkpedia Indonesia on Friday 7 November 2014 | 17:15

Sample rumput laut yang dijadikan bahan pengolahan
bahan baku kosmetik atau chips di Lab Teknologi Pertanian
(Foto: Sulastri Khaer - Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Memiliki alat lengkap pengolahan rumput laut tidak disia-siakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP). Satu tahun terakhir ini, mereka sibuk mengolah rumput laut menjadi chips. Chips adalah bahan baku pembuatan kosmetik dan agar-agar.

M Aksa sebagai penanggungjawab alat dan pengolahan rumput laut menjelaskan, awalnya pengolahan rumput laut ini hanya untuk kebutuhan laboratorium (Lab) namun sekarang mulai di produksi banyak. Untuk pengadaan bahan baku, Prodi Teknologi Pertanian bekerjasama dengan beberapa rekanan di Jeneponto, Bantaeng, dan Takalar.

"Kami berencana memproduksi secara massal, sebab itu beberapa kerjasama juga dilakukan," ungkap mahasiswa angkatan 2011 ini.

Dibantu dengan beberapa dosen, Aksa mengaku saat ini sudah ada perusahaan yang ingin bermitra untuk produksi chips secara massal. Produksi secara massal tidak menjadi masalah karena saat ini lab sudah memiliki empat troli pengolahan dan satu troli pengeringan dengan daya tampung 110 Kilo.

"Beberapa hari yang lalu kami sudah memproduksi 200 kilogram rumput laut untuk menjadi chips dan dikirim ke perusahaan sebagai sample, jika mereka suka mungkin akan terjadi kerjasama lagi kedepannya," jelasnya. (*)

*Reporter: Sulastri Khaer



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap