Berita Terbaru!! :
Home » » Mantan Teroris JI akan Datangi UNM

Mantan Teroris JI akan Datangi UNM

Admin by Unknown on Thursday 23 October 2014 | 09:48

Ali Fauzi (tengah).
(JPNN)
PROFESI-UNM.COM - Siapa yang tak ingat Bom Bali I, peristiwa terorisme terparah sepanjang sejarah Indonesia yang menewaskan 202 jiwa. Juga otak pengeboman itu yakni terpidana mati, Amrozi.

Senin (27/10), adiknya, Ali Fauzi yang juga pernah menjadi sindikat teroris bersamanya akan datang ke UNM. Kunjungannya itu dalam rangka sebagai pembicara dalam "Dialog Pencegahan Terorisme" di ruang teater Menara Pinisi. Acara tersebut diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Ketua Panitia Pelaksana, Heri Tahir, mengatakan, Ali Fauzi akan mengisahkan pengalamannya masuk di jaringan terorisme Jamaah Islamiyah (JI) dan alasannya keluar dari jaringan itu. "Apa yang disampaikannya akan menjadi pelajaran bagi anak muda supaya tidak mudah terpengaruh dengan paham-paham yang berbau terorisme," kata Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) UNM ini.

Ali Fauzi akan membekali peserta seminar tentang bagaimana menangkal doktrin terorisme yang ada di tengah-tengah masyarakat dan mahasiswa. "Kita tidak bisa membatasi seseorang untuk mengikuti suatu komunitas tertentu, tapi setidaknya kita bisa memberi pemahaman agar mahasiswa bisa membentengi diri dari pengaruh terorisme. Ali Fauzi adalah orang yang tepat menyampaikan ini," bebernya.

Sekadar diketahui, Ali Fauzi pernah menjadi orang paling disegani di Jamaah Islamiyah (JI), perhimpunan teroris terbesar di Asia Tenggara. Ia sangat ahli dalam merakit bom sehingga ia dipercaya sejak 1998 sebagai instruktur merakit bom bagi para anggota baru JI di Indonesia.

Ali keluar dari JI pada 2001 karena menyadari jihat JI radikal dan bertentangan dengan syariat Islam. Ia pun terbebas dari tuduhan pelaku Bom Bali I yang terjadi pada 2002 silam. (*)


*Reporter: Khaerul Mustaan



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap