Berita Terbaru!! :
Home » , » Hasil Verifikasi Bidik Misi Tak Kunjung Ditransparansikan

Hasil Verifikasi Bidik Misi Tak Kunjung Ditransparansikan

Admin by Imam Rahmanto on Friday 29 November 2013 | 10:18

Tim verifikasi area Polman - Majene sementara menjalankan proses wawancara dengan salah satu sampel keluarga yang menjadi tujuan verifikasi faktual. Foto diambil pada Selasa (5/11) lalu. (Rizki-Profesi)

PROFESI-UNM.COM - Proses verifikasi faktual beasiswa Bidik Misi yang telah lewat tiga minggu lamanya tidak kunjung membuahkan hasil. Setelah rapat pertemuan sekaligus pertanggungjawaban masing-masing tim verifikasi digelar di rektorat, Kamis (14/11) lalu, hingga kini penetapan mahasiswa yang akan dicabut beasiswa Bidik Misinya masih belum jelas dan tidak kunjung ditransparansikan.

Hal tersebut juga mengundang kegelisahan Jufri selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan BAAK UNM. Ia sendiri mengaku masih belum tahu kapan keputusan tentang mahasiswa-mahasiswa yang disinyalir “tidak layak” berdasarkan verifikasi tersebut akan dikeluarkan secara resmi. Sementara, rentang waktu pelaksanaan verifikasi faktual sudah nyaris memakan waktu sebulan lamanya. Dikhawatirkan, dana beasiswa yang sejatinya dikhususkan bagi mahasiswa miskin dan berprestasi tersebut cair sebelum hasil verifikasinya ditentukan. Seperti yang diketahui, Beasiswa Bidik Misi 2013 dikucurkan tiap bulannya ke masing-masing rekening mahasiswa penerimanya.

“Rapat tentang verifikasi ini terlalu lama dirapatkan. Selalu rapat dan rapat. Padahal sebenarnya sudah jelas siapa-siapa yang seharusnya diblacklist sebagai penerima Bidik Misi,” keluhnya.

Akan tetapi, ia menepis jika selama ini pihaknya berusaha menahan-nahan hasil verifikasi tersebut. Bahkan di lain pihak, dirinya justru ikut melemparkan pertanyaan serupa. Bagaimana tidak, bebernya, dalam kepengurusan beasiswa Bidik Misi seolah-olah terjadi dualisme kepengurusan. “Terkadang kita juga bingung sendiri siapa yang mau mengurusnya,” bebernya.

Sementara itu, Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Heri Tahir turut menepis anggapan tentang transparansi hasil verifikasi Bidik Misi yang masih buram. Menurutnya, tim yang berada di bawah komandonya itu beberapa kali sudah melakukan rapat untuk menentukan hasil dari verifikasi tersebut. Hanya saja, kondisi kampus yang selama ini bergejolak memaksanya untuk sedikit menggeser prioritas.

“Kita sudah lama mau memutuskan hasil verifikasi itu. Tapi karena kondisi kampus yang saat ini dalam kondisi yang sedang panas-panasnya, maka mau tidak mau memaksa saya untuk menanganinya lebih dulu,” tekannya. (*)


*Reporter: Imam Rahmanto 



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap