Berita Terbaru!! :
Home » » Andi Tenri Ampa, Alumni Ketiga Bahasa Inggris PPs UNM

Andi Tenri Ampa, Alumni Ketiga Bahasa Inggris PPs UNM

Admin by Yasir Bakekok on Thursday 28 November 2013 | 20:30

Andi Tenri Ampa Saat melakukan ujian promosi doktor di kampus PPs UNM (28.11)


PROFESI-UNM.COM - Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris PPs UNM kembali menelurkan alumninya. Dosen Bahasa Inggris Unismuh, Andi Tenri Ampa kini menjadi alumni ketiga prodi tersebut usai melakukan ujian promosi doktor dalam bidang ilmu pendidikan bahasa inggris di Kampus Program Pascasarjana (PPs) UNM, (28/11). Tenri Ampa mengangkat judul disertasi Mengembangkan Materi Pembelajaran Multimedia Untuk Keterampilan Berbicara Berbasis Prinsip Pembelajaran Kontekstual.

Dalam pemaparan disertasinya, dia menyebutkan materi yang penting yang harus dikuasai dalam pembelajaran bahasa inggris adalah keterampilan berbicara. Cara yang paling efektif untuk merangsang keterampilan berbicara adalah dengan mengembangkan materi pembelajaran multimedia berbasis prinsip pembelajaran kontekstual. “Pembelajaran kontekstual dimaksudkan agar dapat memudahkan peserta didik caranya adalah menganalisis, mengidentifikasi, mendesain, mengembangkan, memvalidasi, mencoba, menerapkan dan mengevaluasi,”ungkapnya.

Lebih jauh, dia mengatakan sementara untuk materi pembelajaran mencakup bahan cetak dan multimedia. Validitas bahan cetak ditinjau dari aspek psikologis, aspek pedagogis, dan aspek metodologis, sedangkan bahan multimedia ditinjau dari berbagai komponen, seperti video, audio, gambar, teks, konten, animasi, dan interaksi.

Sementara itu selaku ketua sidang promosi, Direktur PPs UNM, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si mengungkapkan dirinya sangat mengapresiasi media pembelajaran yang telah dihasilkan oleh Andi Tenri Ampa. Menurutnya, model tersebut sangat layak untuk digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa. “Tinggal melakukan evaluasi yang sistematis saja oleh pihak terkait,” ujarnya. 

Tenri Ampa menyelesaikan studi dengan IPK 3,91 dengan predikat sangat memuaskan. Dia menjadi alumni ke 194 PPs UNM. “Yang istimewa dari dia, karena dirinya mampu mempublikasi empat jurnal di internasional ini tidak mudah dilakukan kecuali orang-orang yang punya ketekunan dan kemampuan akademik yang luar biasa. Kita sangat bahagia dan bangga dengan hal itu,” ungkap Direktur PPs UNM dua periode ini. (*)




*Azhar Fadhil



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap