Berita Terbaru!! :
Home » » Tujuh Prodi Doktor Ikuti Ujian Prelium

Tujuh Prodi Doktor Ikuti Ujian Prelium

Admin by Unknown on Thursday 18 December 2014 | 00:58

Sejumlah mahasiswa program doktor tengah mengikuti ujian prelium Program Pascasarjana UNM, Rabu (17/12)
(Ist.)
PROFESI-UNM.COM - Tak kurang dari 82 mahasiswa program doktor (S3) angkatan 2013 Program Pascasarjana (PPs) UNM mengikuti ujian prelium, Rabu (17/12). Mereka di antaranya terdiri dari 7 program studi doktor di PPs UNM. Pelaksanaan ujian prelium dijadwalkan berlangsung selama tiga hari yakni 17 hingga 19 Desember.

Tujuh prodi doktor yang mengikuti ujian prelium tersebut adalah, Prodi Administrasi Publik, Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Prodi Bahasa Inggris, prodi PKLH, Prodi Pendidikan Ekonomi.

Asisten Direktur bidang akademik PPs UNM, Suradi Tahmir mengatakan, untuk angkatan 2013, ujian prelium kali ini merupakan pertama kali digelar. Suradi menjelaskan, ujian prelium merupakan syarat awal bagi mahasiswa calon doktor untuk menyelesaikan studi di PPs UNM.

Untuk menyelesaikan studi di PPs UNM, kata professor matematika ini, mahasiswa harus melalui enam tahap. Tahap pertama menurut dia adalah, ujian prelium, setelah itu gagasan awal, proposal, ujian hasil, ujian tutup hingga ujian promosi doktor.

“Untuk ujian prelium, sebelumnya juga telah dilakukan pada Juli lalu. Tetapi untuk angkatan 2013 ini yang pertama,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, bagi mahasiswa yang dinyatakan belum lulus, dapat mengulang pada ujian prelium mendatang. “Beberapa di antaranya ada yang mengulang hingga hingga tiga kali. Itu bergantung dari kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa yang bersangkutan,” ujarnya.

Sementara itu ketua panita ujian Prelium Chalid, Imran Musa mengungkapkan, terdapat tiga bidang studi yang dipreliumkan diantaranya, filsafat ilmu, bidang studi prodi, dan metodologi penelitian. “Hari pertama adalah ujian prelium filsafat ilmu, hari kedua adalah bidang studi masing-masing dan hari terakhir adalah metodologi penelitian, “ tambahnya.

Selain mahasiswa doktor angakatan 2013, terdapat pula beberapa di antaranya mahasiswa angkatan 2012. Imran menambahkan, dalam setahun biasanya PPs UNM melakukan tiga kali ujian prelium. Di antaranya pada April, Juli dan Desember.

*Reporter: Nur Fadly



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap