Berita Terbaru!! :
Home » , » Pungutan Bertudung Seminar

Pungutan Bertudung Seminar

Admin by Unknown on Thursday 27 December 2012 | 11:33

Mahasiswa yang sedang menjalani seminar proposal di
jurusannya. (Rizki-Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Beban yang harus ditanggung calon sarjana UNM memang terbilang banyak dan beragam jenisnya. Jika dikalkulasi, total yang harus dibayar calon wisudawan mulai dari seminar proposal penelitian hingga memakai toga berkisar jutaan rupiah. Hal tersebut di luar penggandaan berkas dan urusan pribadi. Pembayaran yang mecapau jutaan rupiah tersebut hanya untuk menutupi keinginan dan kebutuhan para dosen yang akan menjadi “hakim” pada saat pelaksanaan ujian berlangsung.

Ani misalnya, mahasiswa yang kuliah di Jurusan Bahasa Indonesia ini mengaku sangat terbebani dengan adanya berbagai macam pembayaran menjelang akhir masa kuliahnya. Ia mengaku telah menghabiskan uang hingga jutaan rupiah. Uang pembayaran yang telah dikeluarkan antara lain digunakan untuk seminar, membayar uang pembimbing, hingga membeli parcel untuk para dosen penguji.

Salah satu mahasiswa FMIPA Eni (samaran), Ia mengaku harus membayar sebesar 250 ribu per ujian, yakni ujian seminar proposal dan seminar hasil serta ujian meja.

Berbeda dengan Nanda, alumni sendratasik yang diharuskan membayar Rp400 ribu untuk semua kepengurusan ujian. Begitu pun dengan Aswari Syukur, salah satu mahasiswa FT yang akan menyelesaikan studinya di bulan November ini, Ia harus rela merogoh kocek hingga Rp500 ribu hanya untuk pembayaran yudisium, ditambah lagi dengan uang ujian proposan dan ujian seminar masing-masing sebesar 100 ribu. (*)


*Sumber: Tabloid Cetak



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap