Berita Terbaru!! :
Home » , » Lulusan BK Tidak Terpakai

Lulusan BK Tidak Terpakai

Admin by Unknown on Thursday 27 December 2012 | 11:40

Wisudawan yang bakal berkompetisi di dunia kerja. (Rizki-Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Lahirnya kurikulum baru ini, Bimbingan Konseling sebagai salah satu elemen pengembangan diri siswa malah namanya tidak tercantum dalam kurikulum ini. Akhirnya, para guru bimbingan konseling malah kebingunan, nama jurusan itu tidak tergambarkan lagi posisinya dalam kurikulum ini. Inilah yang kemudian membuat lahirnya keresahan pada konselor-konselor UNM.

Menanggapi hal itu, Ketua Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK), Abdullah Pandang, menilai kurikulum ini seakan orientasinya hanya sekadar menulis, membaca dan menganalisa melulu saja, seakan semua siswa bisa belajar dengan sendirinya saja, padahal kenyataannya banyak siswa yang memiliki banyak masalah, tidak mungkin guru mata pelajaran bisa mengatasi semua itu.

“Paling tidak kan yang saya baca itu, memang semuanya hanya pada mata pelajaran saja. Kita yakin kita tidak akan hilang,saya menganggap ini kita tidak terancam,” tuturnya.

Abdullah menambahkan telah melakukan pertemuan melalui forum Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN) di Jakarta mengenai sikap para konselor itu. Berdasarkan pertemuan, ia telah mengirim somasi ke Kemedikbud mengenai permintaan wajib hadirnya posisi BK dikurikulum ini.
“Yang kami tegaskan ini, adalah bagaimana posisi BK nanti, harus jelas dalam kurikulum, selama ini kan BK di beberapa tempat kita tidak pernah memiliki jam tertentu, selama ini kan BK hanya beriorentasi pada kliniks dan koreksi,”tegasnya. (*)


*Sumber: Tabloid Cetak




Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap