Berita Terbaru!! :
Home » , » Kurikulum 2013, Wajah Baru KTSP

Kurikulum 2013, Wajah Baru KTSP

Admin by Unknown on Friday 21 December 2012 | 04:40

Mendikbud, Muh. Nuh. (Rizki-Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Pendidikan Indonesia kembali akan mendapat angin segar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Setelah mengevaluasi pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, diputuskan akan diberlakukan kurikulum baru menggantikan KTSP, yakni Kurikulum 2013.

Hal tersebut, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muh. Nuh berdasar pada perkembangan zaman yang menuntut untuk perubahan kurikulum. Selain itu, hasil evaluasi menunjukkan jumlah mata pelajaran di Sekolah Dasar (SD) terlampau banyak untuk belajar anak SD. "Yang dibutuhkan adalah kreativitas. Kita butuh modal pengetahuan. Tapi, itu saja tidak cukup. Jadi harus ada unsur produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Ke depan kita butuh anak-anak yang seperti itu," papar Nuh yang dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ia memaparkan, untuk menumbuhkan kreativitas anak-anak akan diajarkan cara mengamati, memanfaatkan indrawi untuk melihat fenomena. "Selain itu kita dorong untuk bertanya, menalar, sampai mencoba sendiri dan bereksperimen," jelasnya. Terkait hal itu, maka struktur Kurikulum 2013 akan banyak berubah dari kurikulum sebelumnya. Berdasarkan draf yang telah disebarkan melalui Uji Publik virtual oleh Kemendikbud, beberapa mata pelajaran di sekolah dasar maupun menengah dikerucutkan atau diintegrasikan ke dalam pelajaran lainnya. Untuk jam pelajarannya, seluruh jenjang sekolah mendapat tambahan jam pelajaran dari 4-6 jam pelajaran.

Lebih jauh, Nuh mengungkapkan, waktu uji publik yang dilaksanakan hanya selama 3 minggu dirasanya cukup. Tentang masukan-masukan yang akan diterima, akan dikelompokkan tentang kurikulum dan tentang implementasi kurikulum. "Tentang kurikulum itu sendiri kan terdiri dari kompetensi lulusan, isi, proses, dan penilaian. Kira-kira dari 4 itu mana yang perlu ditambahkan. Dari masukan yang banyak tersebut, oleh tim pakar akan di-review. Tentu saja tidak semua masukan kita terima, kalau semua masukan kita terima itu berarti nggak mikir," jelasnya.

Hingga kini, Uji Publik mengenai Kurikulum 2013 masih dibuka di situs kurikulum2013.kemdikbud.go.id, sambil menunggu masukan dari seluruh pelaku pendidikan ddi Indonesia. Rencananya Uji Publik akan berakhir tanggal 23 Desember 2012. (*)


*Reporter: Imam Rahmanto



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap