Berita Terbaru!! :
Home » , » Ini Solusi Kepala ICT Center Cegah Curanmor

Ini Solusi Kepala ICT Center Cegah Curanmor

Admin by Unknown on Thursday 14 August 2014 | 12:14

Ilustrasi. (int)
PROFESI-UNM.COM - Maraknya pencurian kendaraan bermotor di UNM membuat geram masyarakat kampus, termasuk Kepala Information and Communication Technologies (ICT) Center, Muhammad Rusli. Ia pun menawarkan solusi untuk mencegah hal itu tidak terulang lagi.

Solusinya yaitu dengan membentengi kampus dengan teknologi portal otomatis, baik masuk maupun keluar kampus. Tidak seperti portal otomatis lainnya yang ada di pusat perbelanjaan seperti mal, portal yang ia maksud memiliki pemindai yang mampu mengenali mahasiswa, dosen, dan pegawai UNM.

Untuk itu menurutnya, semua warga kampus harus memiliki kartu identitas dengan Quick Response Code (QR Code). Contohnya mahasiswa yang  dalam waktu dekat akan memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Online.

"Kartu seperti itu akan digunakan ketika hendak melewati portal otomatis. Saat memperlihatkan kartu ke scanner, palang akan langsung terbuka otomatis," jelas Muhammad Rusli.

Ia melanjutkan, dengan adanya portal tersebut, walaupun ada pencurian oleh orang dalam, langsung bisa diketahui pelakunya. Caranya hanya dengan memperkirakan waktu kejadian dan mengandalkan CCTV yang juga terpasang di portal itu. Data scan pada waktu yang diperkiran tadi dipakai untuk mengidentifikasi pelaku.

"Ini juga bisa memproteksi kampus dari orang-orang yang tak dikenal memberi pemahaman-pemahaman yang keliru kepada mahasiswa kita," tuturnya. (*)

*Reporter: Khaerul Mustaan



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap