Berita Terbaru!! :
Home » » Guru Dinilai Belum Miliki Kompetensi

Guru Dinilai Belum Miliki Kompetensi

Admin by Unknown on Tuesday 25 November 2014 | 23:26

Guru Besar bidang Fisika UNM, Jasruddin.
(Foto: Febriawan - Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Guru Besar bidang Fisika, Jasruddin, menilai guru belum memiliki kompentensi yang jelas. Menurutnya, masalah pendidikan bangsa Indonesia saat ini terletak pada guru.

"Masalah pendidikan kita adalah pemerintah tidak berhasil mempersiapkan guru. Persoalan pendidikan ini bukan soal kurikulum, bahan bacaan, atau fasilitas, melainkan masalah utamanya adalah guru," kata dosen yang menjabat Direktur Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM) ini.

Jasruddin mengatakan, penilaian guru berdasarkan sertifikasi merupakan hal yang kurang tepat. Menurutnya, guru yang profesional tidak bisa lahir hanya dengan pelatihan yang berlangsung selama sembilan hari.

"Saya pribadi tidak setuju dengan sistem sertifikasi guru yang menggunakan sistem portofolio. Kenapa yang dilatih sembilan hari itu sudah dinyatakan profesional, sedangkan yang empat tahun saja dilatih belum tentu profesional," keluhnya.

Jasruddin menambahkan, guru merupakan hal penentu dari pengembangan sumber daya manusia (SDM) suatu bangsa. Untuk menghasilkan SDM yang berkualitas, lanjutnya, maka perlu adanya guru yang berkualitas pula.

"Kita harus fokus pada pembenahan dan persiapan guru yang betul-betul profesional bukan profesional karena portofolio," tambahnya. (*)

*Reporter: Ari Maryadi



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap