Berita Terbaru!! :
Home » » Wanapanca siapkan 1000 Bibit Bakau Merah untuk Takalar

Wanapanca siapkan 1000 Bibit Bakau Merah untuk Takalar

Admin by Yasir Bakekok on Sunday 16 March 2014 | 05:45

Rhizophora stylosa atau Bakau Merah
(int)
PROFESI-UNM.COM - Wanapanca (Wahana Mahasiswa Pecinta Alam) FMIPA UNM siapkan 1000 bibit untuk penanaman pohon dalam kegiatan Bakti Peduli Lingkungan Hidup (BPLH) yang akan diselenggarakan pulau Sanrobenge, Kabupaten Takalar.

Ketua Panitia BPLH, Ismail mengungkapkan bibit-bibit tersebut merupakan bibit Bakau Merah dan Kayu Api-api yang sengaja dibeli dari Kalimantan. Alasannya, Ismail mengatakan tekstur pulau sanrobenge hanya bisa ditumbuhi tanaman semacam itu.

“Karena tekstur pulaunya kan pasir berkarang jadi hanya bibit itu yang bisa tumbuh disana. Sebenarnya kemarin kami agak kesulitan mencari bibit tersebut, namun kami kemudian berhasil mendapatkannya dengan membeli dari salah satu kelompok tani di Kalimantan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, mahasiswa fisika angakatan 2009 ini membeberkan terpilihnya pulau Sanrobenge dilatar belakangi oleh data yang dihimpun oleh pihak wanapanca yang menyatakan pulau ini telah mengalami abrasi sekitar 500 meter kedalam.

“Kemarin ada teman-teman yang telah melakukan penelitian disana, memang kondisi pulaunya telah mengalami abrasi yang cukup parah,”bebernya.

Untuk waktu pelaksanaan, pihak panitia BPLH masih menunggu izin dari Pemerintah Daerah Kabupaten Takalar. (*)



*Reporter: A. Sri Mardiyanti Syam




Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap