Berita Terbaru!! :
Home » » Danial, Profesor Pertama Prodi Pendidikan IPA

Danial, Profesor Pertama Prodi Pendidikan IPA

Admin by Thinkpedia Indonesia on Thursday 19 March 2015 | 01:51

Prof. Dr, Muhammad Danial, M.Si saat menyampaikan orasi
ilmiahnya di Ruang Teater Menara Pinisi, Rabu (18/3).
(Foto: Febriawan Djalil - Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Prof. Dr. Muhammad Danial, M.Si menjadi guru besar pertama Program Studi (Prodi) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Rabu. (18/3).

Pada pengukuhannya, Ia menyampaikan pidato ilmiahnya dengan judul "Landasan Untuk Membangun Kemandirian Belajar dan Kesadaran Berpikir Metakognisi Mahasiswa IPA." Studi ini dilakukan kepada mahasiswa IPA melalui pembelajaran investigatif.

Dalam risetnya, Ia menemukan bahwa permasalahan belajar dan pembelajaran merupakan salah satu masalah yang mendesak untuk direspon sebagai tanggapan atas keprihatinan masyarakat tentang kondisi pendidikan.

Ia mengungkapkan, keprihatinan tentang kondisi mutu pendidikan memang dapat disebabkan oleh banyak atau karena berbagai hal, di antaranya kebijakan pendidikan yang tidak konsisten, minimnya sarana dan prasarana belajar, tenaga pengajar belum melakukan yang terbaik, serta proses pembelajaran belum terkonstruksi dengan baik.

Lanjutnya, pembelajaran investigatif merupakan pembelajaran efektif yang dapat memunculkan strategi kognnitif siswa/mahasiswa sebagai pendukung terbangunnya kesadaran metakognisi. Hubungan antara pembelajaran investigatif dan metakognisi yaitu munculnya strategi-strategi kognitif pada siswa/mahasiswa ketika belajar atau mengaplikasikan pengetahuannya dalam kehidupan nyata.

Selain Muhammad Danial, ikut dikukuhkan juga guru besar Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Murni Mahmud sebagai guru besar ke-72 dan ke-73. (*)

*Reporter : Febriawan Djalil



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap