Berita Terbaru!! :
Home » » Mendikbud: Kompetensi Kurikulum 2013 Tidak Selaras

Mendikbud: Kompetensi Kurikulum 2013 Tidak Selaras

Admin by Thinkpedia Indonesia on Saturday 10 January 2015 | 21:40

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis Baswedan
(Foto: int - Tempo.co)
PROFESI-UNM.COM - Kurikulum 2013 kini dalam tahap evaluasi. Ini setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menginstruksikan sekolah yang belum menggunakan Kurikulum 2013 selama tiga semester untuk kembali ke Kurikulum 2006 dan sekolah yang telah menjalankan selama tiga semester diminta tetap menggunakan kurikulum tersebut.

Dilansir dari AntaraNews, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, evaluasi ini dilakukan karena kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013 banyak yang tidak selaras. "Awalnya yang ingin dievaluasi hanya dokumen saja. Tapi ternyata kompetensi inti dan kompetensi dasar banyak yang tidak pas," sebutnya.

Dia memberi salah satu contoh perpaduan dua kompetensi itu untuk tingkat SMP, yakni "menunjukkan sifat disiplin dan bertanggung jawab melalui ekspor impor yang menggunakan Bahasa Indonesia yang baik"."Ini tidak nyambung. Seharusnya dibuat selaras,"  ungkapnya.

Lebih lanjut, Anies berpendapat hal itu terjadi karena tak ada perbaikan dalam penyusunan kurikukum itu. Kurikulum 2013 seakan dipaksakan. "Ini semua bukan kesalahan guru, tetapi pemerintah yang tidak menyiapkannya dengan baik," ujarnya.

Mendikbud menjelaskan bahwa pihaknya butuh waktu untuk menyelesaikan persoalan kurikulum itu. "Kita akan perbaiki sampai selesai," Jelasnya. (*)

*Arnawan Arief





Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap