Berita Terbaru!! :
Home » » Ketua MUI Sulteng Raih Doktor di PPs UNM

Ketua MUI Sulteng Raih Doktor di PPs UNM

Admin by Yasir Bakekok on Monday 25 November 2013 | 13:00

Ketua MUI Sulteng Zulkifli M saat melakukan ujian promosi doktor di Kampus PPs UNM (25.11)
PROFESI-UNM.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Tenggara, Zulkifli M berhasil meraih gelar doktor di Kampus Program Pascasarjana (PPs) UNM, (25/11). Zulkifli meraih gelar doktoralnya setelah mempertahankan disertasi miliknya dengan judul Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis TIK di SMA Negeri 4 Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara dalam bidang ilmu pendidikan.

Dalam ujian terbuka tersebut, Zulfikfli meyebutkan sudah saatnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) ditingkat satuan pendidikan sekolah menengah melakukan pembenahan secara struktural. Pasalnya, dengan kondisi kekinian sosial masyarakat yang tumbuh dan berkembang dengan dunia teknologi, secara simultan juga akan memaksa para pendidik harus lebih kreatif dalam menyajikan
materi bahan ajarnya.

Dalam konteks mata pelajaran PAI, Rektor Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jannatu Adnin Kendari ini mengatakan cara yang paling efektif yang harus dilakukan oleh tenaga pengajarnya adalah harus menerapkan model pembelajaran yang berbasis teknologi bukan lagi menggunakan model konvesional seperti metode ceramah.

Oleh karenanya, berdasarkan hasil penelitiannya, Dosen STAIN Kendari ini mengungkapkan, ada beberapa proses pengembangan model pembelajaran PAI berbasis TIK yang seyogyanya bisa diterapkan di sekolah diantaranya, mengidentifikasi kebutuhan awal siswa semisal melakukan survey, perencanaan model PAI TIK, menyiapkan dan mengembangkan model PAI dengan membuat model dan perangkat pembelajaran semisal silabus dan RPP, melakukan uji coba dan merevisi produk. “Guru PAI harus melek teknologi. Karena mata pelajaran agama bersifat dinamis. Metode ceramah sebisa mungkin harus dikurangi,” ungkapnya.

Sementara itu selaku ketua sidang ujian promosi doktor, Direktur PPS UNM, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si mengungkapkan Zulkifli menjadi alumni kedua untuk Prodi ilmu pendidikan dan menjadi alumni ke 193 di PPs UNM. Zulkifli memperoleh IPK 3,76 dengan predikat sangat memuaskan.(*)


*Nurlela



Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap